Tuesday, 29 May 2018

Diskripsi Naskah Manuskrip Syama'ilul Nabi

Manuskrip Syama’ilul Nabi

Naskah Syamilul Nabi salah satu naskah PNRI yang terdaftar dengan kode dan nomer A 307. Naskah ini terdiri atas 108 halaman dan dua halaman pelindung. Setiap halaman terdiri atas 19 baris, kecuali halaman awal yang terdiri dari 7 baris dan halaman akhir terdiri dari 13 baris. Naskah berukuran 20,5 x 15 cm, sementara teksnya berukuran 15,5 x 9 cm. Dalam naskah ini terdapat garis panduan yang ditekan. Tidak ada penomoran halaman, namun disetiap halaman verso terdapat kata alihan. Sampul naskah terbuat dari kertas karton tebal berwarna coklat bintik-bintik berukuran 20,5 x 15 cm, sementara bagian punggung berwarna krem. Semetara alas naskah dari naskah ini menggunakan kertas eropa dengan cap kertas pro patria. Dapat diasumsikan bahwa kertas tersebut diproduksi pada tahun 1836 di the hague, belanda.

Teks naskah ditulis dalam bahasa arab dengan aksara arab. Dan di keseluruhan teks tidak ada harakatnya (arab gundul), namun di bagian akhirnya terdapat harakat pada bagian-bagian tertentu. Dan yang sangat menarik adalah pengharokatan pada teks tersebut hanya disebagian hurufnya saja itu pun hanya ada pada tulisan-tulisan yang berbentuk syiir. Tampaknya, diberikannya harakat pada bagian akhir sekalipun hanya beberapa huruf saja dimaksudkan untuk mempermudah pembaca. Karena dibagian awal hingga bagian seblum akhir bentuk tulisannya berbentuk narasi (prosa), sehingga, tepat kiranya jika pengharokatan pada bagian akhir di nadhamnya diharakatkan sebagian hurufnya.

Sebagaimana karya tulis, ada kalanya full berbentuk prosa ada pula full berbentuk puisi (nadham). Namun, dalam naskah ini kedua-duanya digunakan. Adakalanya berbentuk prosa, hal ini ada pada bagian awal hingga bagian seblum akhir. Dan ada kalanya berbentuk puisi (nadham), hal ini ada pada bagian akhir naskah. Khat yang digunakan berjenis naskhi. Tinta yang digunakan berwarna hitam, sementara rubriksi berwarna merah. Penggunaan rubrikasi tersebut untuk menandai judul, bab baru, dan lafad-lafad yang bersangkutan dengan permulaan hadist. Contoh حدثنا, روى, وأخبرنا .

Secara umum, kondisi naskah masih baik. Tulisannya jelas dan mudah dibaca. Pada awal naskah terdapat nama pengarang kitab syamailul nabi ini, dibagian tengah seperti biasa penjelasan tentang kehidupan nabi, mulai dari masa hidupnya hingga akhir hayatnya keterangan ini diambil dari berbagai macam hadist yang menjelaskan kehidupan nabi, dan di bagian akhir terdapat nadham yang ditutup dengan kolofon. Dalam kolofon tersebutlah terdapat nama penyalin naskah ini dan tahun salinannya. Sementara penulis aslinya, hanya ditulis namanya dibagian awal naskah.
Demikian bunyi teks dalam kolofon naskah ini dibagian awalnya:
تأليف الترميذي
Artinya:
Karya Imam Turmudzi.

Demikian bunyi teks salinannya dalam kolofon naskah ini dibagian akhirnya:
وكان الفراغ من كتابته في يوم الأربعاء المبارك السابع  من شهر ذي القعدة من سنة 1169 تسعة بعد الستين ومائة بعد الألف من الهجرة المحمدية على صاحبها أفضل الصلاة وازكي السلام على يد الفقير الى الله حسن بن علي الفقيه الشافعي عفى الله عنه   امين
Artinya:
Telah rampung penulisan kitab ini pada hari rabu yang berkah tanggal 7 di bulan dzul qa’dah pada tahun 1169 H yang ditulis oleh Hasan bin Ali, ahli fiqhi, syafi’i madzhabnya, semoga Allah mengaampuninnya. Amin.

Dari kutipan diatas kiranya sangat jelas, mana yang penyalin mana pula yang penulis aslinya. Sekalipun tidak secara implisit sanga penyalin menjelaskan kalau naskah ini pada mulanya dikarang oleh imam turmudzi namun dengan menyebut namanya di bagian awal naskah sudah memberikan indikasi sempurna kalau yang mengarang adaah imam turmudzhi dan yang menyalin adalah Hasan bin Ali.

Pada bagia awal naskah tidak didejelakan secara detail oleh penyalin kapan sebenarnya nashkah ini ditulis oleh pengarang aslinya, namun untuk bagian akhir naskah terdapat kolofon yang menunjukkan kapan disalinnya naskah ini oleh penyalin sendiri.
Naskah ini dibagian akhirnya terdapat kolofon yang memberitahukan akan adanya penyalinan oleh Hasan bin Ali pada hari rabu yang berkah di bulan dzul qa’dah pada tahun 1169 H/rabu, 4 Agustus, 1756 M.


Teks syamailul nabi dalam naskah ini berisi pembahasan mengenai kehidupan nabi mulai dari semasa hidupnya hingga pada akhir hayatnya. Teks dimulai basmalah dan langsung pada ke topik pembahasan sanat-sanat hadits juga perowinya, lalu kemudian masuk kepada subtansi bab pertama yaitu “masa kelahiran nabi”. Pada bagian tengah menjelaskan tentang masa-masa kenabian dan kerasulan nabi. Sementra pada bagian sebelum akhir, menjelaskan tentang akhlaq nabi semasa hidupnya yang berbentuk nadham. Dan pada bagian akhir penutup naskah ini terdapat kolofon selesainya penulisan teks naskah, yakni rabu, 7 Dzul’Qodah 1169 H/4 Agustus, 1756 M.

Wednesday, 16 May 2018

Jangan Kau Pinjam Bukuku

SUARAN HATIMU

KANDA…
BOLEHKAH AKU MEMINJAM BUKU-BUKUMU?
SAMPAI TANDA TITIK TAK LAGI TERSENYUM
BOLEHKAH AKU MEMBACA BUKU-BUKUMU?
SAMPAI TANDA KOMA TAK LAGI TERTAWA

KANDA…
AKU TAK PERNAH PUAS MEMBACA BUKUMU
SAMPAI DARAH PENGHABISAN PUN MENYAPAKU
AKU SELALU SAJA EMOSI
KETIKA BUKUMU ITU DIBACA OLEH ORANG LAIN

KANDA…
SETIAP TANDA YANG ADA DALAM BUKUMU ITU
SELALU SAJA MEMBUATKU SABAR
SETIAP TANDA YANG ADA DALAM BUKUMU ITU
SELALU SAJA MEMBUATKU SADAR

KANDA…
APAKAH KAMU TAHU BUKU APA ITU?
APAKAH KAMU TAHU BUKU YANG KU PINJAM ITU?
APAKAH KAMU TAHU BUKU YANG ENGGAN AKUN KEMBALIKAN KE KAMU?
APAKAH KAMU TAHU BUKU YANG TAK PERNAH KU RIDHAI, JIKA DIBACA OLEH ORANG LAIN?

KANDA…
AKU INGIN BISIK-BISIK KE RELUNG HATIMU
KALAU BUKU YANG KU MAKSUD ADALAH  HATIMU
KARENA KAU TAK PERNAH RELA BUKU ITU DIBACA OLEH ORANG LAIN, SELAIN AKU
KARENA AKU TAK PERNAH DIAM, KALAU BUKU ITU DIPINJAM OLEH ORANG LAIN, SELAIN AKU

KANDA…
ASAL KAMU TAHU!
KAU ADALAH BUKUKU SEPANJANG WAKTU
KARENA SEBAIK-BAIKNYA TEMAN ADALAH BUKUMU
IZINKAN AKU MEMBACA, MENGHAYATI, DAN MENDALAMI APA YANG ADA DALAM BUKU ITU.

Monday, 7 May 2018

Ilmu Fonetik Dalam Bahasa Arab

ALAT BICARA, FUNGSI DAN CARA KERJANYA


Secara terperinci, alat bicara terbagi menjadi 20 bagian, diantaranya adalah:
1.       Paru-paru/lungs/الرئتان
2.       Pipa udara/windpipe/القصبة الهوائية
3.       Kerongkongan/pharynx/الحنجرة
4.       Pita suara/vocal cords/الاوتار الصوتية
5.       Epiglottis’/لسان المزمار
6.       Tenggorokkan/larynx/الحلق
7.       Akar lidah/root of tongue/جدر اللسان
8.       Pangkal lidah/back of tongue/مؤخر اللسان
9.       Tengah lidah/front of tongue/وسط اللسان
10.   Pinggir lidah/Blade of tongue/مقدم اللسان
11.   Ujung lidah’/tip of tongue/ذلق اللسان
12.   Langit-langit lunak/soft plate/الحنك اللين
13.   Langit-langit keras/hard plate/الحنك الصلب
14.   Gusi/ridge/اللثة
15.   Gigi bawah/teeth/الأسنان السفلى
16.   Gigi atas/teeth/الأسنان العليا
17.   Anak lidah/tekak/اللهاة
18.   Rongga hidung/تجويف الانفي
19.   Bibir bawah/lips/الشفة السفلى
20.   Bibir atas/lips/الشفة العليا
Secara Detail, Fungsi dan Cara kerja alat bicara sebagaimana berikut:
1.       Paru-paru
Paru adalah bagian tubuh yang berbentuk pyramid yang terdiri dari beberapa organ  didalamnya meliputi urat hati, otot jantung, dan urat nadi. Paru-paru sendiri memiliki dua tempat, satu tempat ada pada manusia di rongga dadanya, yang satu lagi ada pada diri manusia pula yang memisahkan antara hati dan rongga dadanya. Dan jika paru-paru tersebut disatukan dengan sesuatu yang ada di atasnya maka yang ada diatasnya disebut pipa udara.

Fungsi paru-paru adalah sebagai pembersih darah dari karbon yang berbeda-beda melalui peroses pembakaran di dalam tubuh. Kinerja paru-paru dalam peroses pengucapan sangat nyata pada pertengahan keluarnya udara yang bergesekan dengan pita suara sehingga dapat mempengaruhinya karena adanya getaran yang menimbulkan suara (hidup). Dan jika getaran tersebut hanya mempengaruhi sedikit, maka suara tidak keluar (mati). Akan tetapi, adanya peroses getaran suara disebabkan karena adanya suara yang keluar dari tempat articulator yang berbeda-beda. Peroses ini disebut dengan hembusan nafas.
2.       Pipa udara
Pipa udara adalah sebuah pipah yang meliputi dari tulang rawan yang berkesinambungan antar bagian satu dengan bagian yang lain melalui pelantara tekstil, selaput tipis, dan …..  kinerja pipa udara dalam peroses pengucapan adalah sebagai tempat mengalirnya nafas sebelum adanya penolakan dari kerongkongan, dan dulu, ada yang beranggapan kalau pipa udara tidak memiliki pengaruh terhadap bunyi bahasa, akan tetapi pembahasan modern membantah bahwa pipa suara terkadang memilikin peran penting semisal celah bunyi yang dapat mempengruhi frekuensi suara, terlebih ketika suara tersebut indah.
3.       Kerongkongan
Kerongkongan adalah anggota tulang rawan yang ada di atas pipa udara dan di bawah celah suara. Dan ia ada di ruang yang luas juga ada di bagian atas yang sering dinamakan dengan istilah Tiroid. Dibagian depanya terdapat “jakun” dalam istilah arabnya adalah “تفاحة ادم”.
Adapun fungsi dari kerongkongan di lingkup bahasa adalah kefleksibilitas dan gerakannya mulai dari atas ke bawah dan depan ke belakang, dapat merubah bentuk volume ruang suara yang dapat mempengaruhi terhadap macam bunyi yang berbangsa tenggorokan.
sama halnya dengan tenggorokan ketika menangani modifikasi tempat arus udara dengan bentuk yang berbeda-beda untuk membedakan antara unit bunyi seperti membedakan antara yang berbunyi dan yang tidak berbunyi dan tenggerokan ini juga ikut serta pada tahap pembentukan bunyi yang ada di sebagian huruf konsonan Gelottis semisal huruf hamzah dan ha.
4.       Pita suara
Pita suara adalah penyambung suara yang memanjang dari bawah hingga ke atas yang keduanya bertemu ketika tampak yang sering disebut dengan istilah jakun. Adapun celah antara dua pita suara disebut dengan istilah “Epiglottis” dan terbukanya epiglottis akan mengerut juga melebar sesuai dengan perbedaan bunyi. Perbedaan disini selaras dengan kerasnya getaran bunyi, jika bertambah kekencanganya, maka bertambah pula getaran bunyi tersebut. Berbeda dengan frekuensi bunyi.
5.       Epiglottis
Epiglottis adalah suatu ungkapan untuk sepotong daging yang terdiri dari tekstil, serat, dan tulang rawan dalam bentuk yang biasanya seperti daun dan tempatnya ada di kerongkongan di belakang dasar lidah dan di bagian tubuh tulang rawan.
Adapun fungsi dari epiglottis adalah sama dengan fungsi kutup yang melindungi aluran nafas di tengah peroses penelanan.
6.       Tenggerokan
Tenggerokan adalah bagian yang terletak antara kerongkongan dan mulut. Darinya keluar bunyi bahasa tertentu sepereti mana yang digunakan, sperti celah suara yang mengompa sebagian bunyi
7.       Anak lidah/Tekak
Tekak adalah bagian yang terletak di belakang langit-langit lunak dan ia memiliki kinerja yang khas pada pengucapan Qaf Bahas Arab seperti pengucapan orang-orang yang baik bacaanya.
8.       Lidah
Lidah adalah anggota otot yang penting dan sering berinteraksi dengan tenggorokan. Lidah memiliki bagian dalam pemungutan suara:
·         Pangkal lidah posisinya berhadapan dengan langit-langit lunak
·         Tengah lidah posisinya berhadapan dengan langit-langit keras
·         Pinggir lidah posisinya berhadapan dengan Gusi
·         Samping lidah posisinya berhadapan dengan pelipis
9.       Langit-langit
Langit-langit adalah anggota yang bersambungan dengan lidah pada tempat yang berbeda-beda sehingga menimbulkan bunyi yang banyak dan langit-langit tersebut dinamakan istilah “langit-langit atas”. Adapaun langit-langit atas dibagi menjadi beberapa bagian:
·         Langit-langit depan ada pada gusi dan ujung gigi atas
·         Langit-langit keras dan langit-langit tengah sering disebut dengan istilah “الغار
·         Langit-langit lunak adalah bagian terdalam yang lunak, yang berpangkal pada anak lidah
10.   Gigi
Setiap manusia memiliki gigi, baik itu gigi atas maupun gigi bawah yang jumlahnya mencapai 32 gigi permasing-masingnya memiliki fungsi tersendiri, demikian fungsi-fungsinya:
·         Pemotong, jumlahnya ada delapan
·         Perobek, jumlahnya ada empat
·         Pengunyah, jumlahnya ada dua puluh
Kinerja gigi dalam bahasa adalah kerja samanya dengan lidah dalam membentuk sebagian tempat keluarnya bunyi semisal kaf dan tsa yang memang membantu atas pembentukan kotak suara. Jika ada manusia tidak digerakkan sebagian giginya maka hal itu akan menjadikan kecacatan dalam mengucapkan sebagian bunyi dan dapat menyulitkan ketika mengucapkannya.
11.   Rongga hidung
Rongga hidung adalah sebuah rongga yang trealisasi melalui peroses pernafasan yang benar, hubunganya dengan alat ucap adalah rongga hidung dapat membantu dalam mengeluarkan bunyi Mim dan Nun yang sekiranya satu jalan ketika keluarnya udara di tengah mengcuapkannya, dan begitu juga, rongga hidung sering digunakan, semisal ketika ada celah suara yang memompa sebagian bunyi ketika diucapkan.
12.   Bibir
Bibir adalah bagian terpenting, darinya terdapat tempat keluarnya gerakan. Bibir memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:


·         Kondisi Melingkar, ketika mengucapkan Dommah
·         Kondisi Terbuka, ketika mengucapkan Kasrah
·         Kondisi netral, ketika mengucapkan fatha
Sebagian bunyi yang keluar dari bibir ini ketika bertemu dan terkatup maka menghasilkan huruf Ba dan Mim, ketika terbuka maka menghasilkan huruf Waw, dan ketika ditenggelamkan ke dasar bibir bawah, ujung gigi depan atas  maka akan tampak huruf Fa.
  

Wednesday, 10 January 2018

Macam-Macam Rom Modifikasi Untuk Xioami Mi5X

Macam-macam Rom Modifikasi

Tiffany adalah kata lain dari devices “xioami mi5X”, hp ini terbilang murah jika melihat spesifikasinya. Namun, masih banyak para members yang ingin membelinya dalam harga yang lebih murah. Ha... itu hal yang wajar kali ya... karena gk ada org mau beli mahal, pastinya yg murah-meriah...
Dalam hal ini, saya ingin memberikan info bagi para members yang masih banyak nanya tentang macam-macam rom untuk si tiffany,. Berikut daftar rom yang support di HH xioami Mi 5X:
1.       Rom Multirom (MR)
2.       Rom Premium karya anak bangsa Indonesia (Mod dari miuipro) kang @dimas
3.       Rom Kresek-Gradak karya anak bangsa Indonesia (Mod dari Miuipro) kang @iktighar
4.       Rom Mi-Globe (Mod dari xioami. Eu)
5.       Rom xioami.eu
6.       Miui hellas (base itali)
7.       Miui mawar dan miui suwallow karya anak bangsa Indonesia (Kang Hendry/Patner saya) @kang hendry.
8.       Miui. Su
9.       Miuipro (fitur terbaik)
10.   Rom developer (ori bawaan xioami)
11.   Rom cina setabil (ori bawaan xioami)
Saya pribadi lebih senang menggunakan rom MR, karena sangat ringan pemakainya. Bagi teman2  yang senang kepada fitur tambahan, saya sarankan kalu tidak kresek/premium. Linknya ada pada di grop telegram di bawah ini. Silahkan masuk ke grop kami agar lebih intens untuk tanya jawab seputar mi5x:

Monday, 4 December 2017

Unsur Tasbih Dalam Surat Ibrahim Ayat 24-26



 Kandungan Makna Ayat 24-26
 Hasil gambar untuk al quran
Berhubungan dengan pembahsan yang sudah dijelaskan di muka, bahwa makalah ini sengaja dibuat untuk menganalisis arti kandungan ayat dalam al-Quran tepatnya pada surat Ibrahim ayat ke 24-26. Mencari tasbih dalam ayat tersebut dengan menggunakan metode yang ada pada pembahasan sebelumnya. Maka dari itu, surat tersebut ingin dianalisis dari segi tasbih. Karena dalam ayat tersebut terdapat tasbih yang sangat menarik untuk dikajianya. Demikian surat beserta ayatnya:
ألم تر كيف ضرب الله مثلا كلمة طيبة كشجرة طيبة أصلها ثابت وفرعها في السماء تؤتي أكلها كل حين بإذن ربها ويضرب الله الأمثال للناس لعلهم يتذكرون. ومثل كلمة خبيثة كشجرة خبيثة اجتثت من فوق الأرض مالها من قرار. (ابراهيم 24-26)
Tidakkah kamu melihat bagaimana Allah telah memberikan perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya ke langit. Allah membuat perumpamaan-perumpamaaan untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan-perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun” . (Qs. Ibrahimi {24-26}).
Ayat di atas terdapat unsur tasbih yang jelas, hal ini ada pada kalimat yang digaris bawahi. karena terdapat rukun-rukunya tasbih. Berupa musabbah, musabbah bihi, dan adat tasbih. Karena rukun tasbihnya lengkap, maka dikatakan tasbih mursal dan mujmal. Hal ini, jika dilihat dari ada atau tidaknya adat tasbih dan wajah sibehnya. Maka, jika diuraikan secara terperinci sebagaimana berikut:
Pada lafad كلمة طيبة كشجرة طيبة terdapat tasbih, karena sudah memenuhi syarat dari sekian syarat-syarat tasbih. Yaitu, ada musabbah (كلمة طيبة) adat tasbih (ك), dan musabbah bihinya berupa (شجرة طيبة).  Meskipun yang wajib dalam suatu kalimat ingin dikatakan ada unsur tasbihnya itu harus ada dua rukun, yaitu musabbah dan musabbah bihinya. Namun, boleh juga kalaupun lengkap rukun-rukunya, dan hal ini sangat membantu para peneliti untuk memahami apa yang ada dalam kalimat tersebut. Berbeda dengan penganalisisan suatu kalimat yang ada unsur tasbihnya namun yang ada di dalamnya hanya musabbah dan musabbah bihinya saja.
Jika merujuk kepada kitab-kitab tafsir yang ada, maka akan ditemukan beberapa penjelesan mengenai arti yang dimaksud pada kalimat  كلمة طيبة. Dalam kalimat tersebut jika diartikan secara harfiyah memiliki arti (kalimat yang baik). Nah, tentunya belum dapat dimengerti secara mendalam jika diartikan sebagaimana makna harifiyahnya. Disinilah fungsi tasbih berlaku pada kalimat tersebut.
Dalam tafsir sfwatut tafasir karya Muhammad ali as-Shobuny, dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kata كلمة طيبة adalah kalimat iman, yaitu syahadat. Sementara untuk kalimat شجرة طيبة memiliki arti orang mukmin. Untuk kalimat sesudahnya أصلها ثابت وفرعها في السماء diartikan sebagai “yang akarnya teguh di bumi dan pohonya menculang tinggi ke langit”. Sementara di kalimat sesudahnya تؤتي أكلها كل حين memiliki arti “pohon itu selalu memberikan buah disetip waktunya”. Dari semua makna tersebut Muhammad ali as-Shobuny memiliki kesimpulan bahwa yang dimaksud dalam ayat di atas adalah “Kalimat iman itu akan senantiasa ada dalam hati orang mukmin dan amalnya sampai ke langit (diterima oleh-Nya), begitu juga di setiap amalnya, diakan mendapatkan pahala di setiap waktunya”.
Dalam tafsir durrul Mansur fi tasfsiri Ma’sur karya jalaluddin yang mengutip dari beberapa hadist dari ibn jarir dan ibn abi hatim menjelaskan bahwa, كلمة طيبة memiliki arti pohon korma yang selalu memberikan manfaat baik itu buahnya maupun batangnya  sama halnya dengan كلمة طيبة yang memberikan manfaat kepada temannya di dunia dan akhirat.
Dalam tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kalimat كلمة طيبة  (kalimat yang baik) para ulama masih berbeda pendapat. Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kalimat yang baik adalah kalimat tauhid, atau iman, bahkan ada pula yang memahaminya menunjuk kepada pribadi seorang mukmin. Namun, pada intinya kesemua ulama bermuara kepada satu tujuan atau alur, yaitu kalimat tauhid.
Begitu juga dengan ayat sesudahnya, yang mana sebagai kebalikan dari ayat yang sebelumnya. Di ayat yang sebeumnya dijelaskan tentang kalimat yang baik bagaikan pohon yang baik. Berbeda dengan ayat sesudahnya, yang artinya adalah kalimat yang buruk bagai pohon yang buruk. Dalam ke dua ini sama-sama memiliki unsure tasbih didalamnya. Yaitum berupa tasbih mursal dan mujmal. Karena wajah sibeh tidak disebutkan sementar adat tasbihnya disebutkan. Untuk urainnya, sama persis dengan ayat yang sebelumnya.

Sunday, 26 November 2017

Miuipro Dengan Fitur Multipro Tampa Mod Os Noughat

Miuipro Port By Kissana VS Miuipro Port By Vietnam

            Sisi perbedaan dari kedua rom ini tidak jauh beda, meskipun sama-sama mengambil portingan dari mi max, namun ada sedikit perbedaan yang sangat menonjol. Demikian perbedaan dan persamaannya:
Perbedaan:
1.       Pada awal botting, untuk rom by Kissana bootanimation sangat menarik (ada perubahan), berbeda dengan rom by Vietnam yang masih menggunakan bootanomation seperti rom-rom lawas miui 9.
2.       Untuk miuipro by Kissana tdk seperti rom multipro yang banyak fiturnya, smntra di rom miuipro by Vietnam sama persis dengan multipro.
3.       Miuipro by Kissana menggunakan kybord xperia, berbeda dengan miuipro by Vietnam.
4.       Sama-sama bugh pada notifikasi alarem. Tidak ada suaranya.
5.       Sama-sama bugh pada semua notifikasi sosmed, terlalu kecil suaranya.
6.       Di miuipro by Kissana agak lama ketika toch screen disnetuh (sperti hp jadul), berbeda dengan di miuipro by Vietnam, lanjay jaya.
7.       Kesamaan, ketika rom ini memakai kernel agni, maka led notifikasinya tdk bisa berkedepi-kedip. Wajib pakai kernel radon.
8.       Berat setiap membuka apk, baik apk pihak ketiga maupun apk bawaan di miuipro by Kissana dan tidak untuk di miuipro by Vietnam.
9.       Batre terlihat awet ketika menggunakan miuipro by Vietnam, ketimbang by kissana.
10.   Masih tahap pencariaan. Tidak ada bugh di dalamnya. Kecuali di video recording di miuipro by kissana dan tidak di miuipro by Vietnam.
Link rom by Vietnam: https://4vn.us/file/ED487A7B7E04

NB: untuk miuipro by Vietnam jika ingin sperti fitur multipro, tidak perlu diberikan mod fitur. Karena sudah bawaanya.

Dalam Cinta, Air Mataku Tak Akan Pernah Berhenti

في الحب دموعي لا تنتهي بالدمع كتبتُ هذه القصيدةَ بالقلق أصابني كل حين في الحياة فكرتُ ما أخطائي إليكِ لمرَة حتى أشعر أن أحبك بشدة المرة...