Wednesday 15 July 2020

الحكاية الشهيقة

Kisah Inspirtif


الخبر بتمامه في موافقة هذا الحديث حكاية عن عمر رضي الله تعالى عنه كان يمشي في سكك المدينة فرأى صبيا كان في يده عصفور وكان يلعب به فرحم عمر ذلك العصفور فاشتراه من الصبي فأعتقه فلما توفي عمر رضي الله تعالى عنه رآه الجمهور فى المنام فسألوه عن حاله فقالوا ما فعل الله بك قال غفر لي وتجاوز عني قالوا بأي شيء بجودك أوبعدلك أوبزهدك قال لما وضعتموني فى القبر وسترتموني بالتراب وتركتموني وحيدا فدخل علي ملكان مهيبان طار عقلي وارتعدت مفاصلي من هيبتهما وأخذاني وأجلساني وأرادا أن يسألاني فسمعت نداء من الهاتف اتركا عبدي ولا تخوفاه فإني رحمته وتجاوزت عنه لأنه رحم عصفورا فى الدنيا فرحمته في العقبى

Dikutip dari kitab Mauidahtul Usfuriyyah pada bagian pertama ada sebuah kisah tentang sahabat Umar RA, suatu ketika beliau berjalan kaki di jalanan kota, kemudian beliau melihat seorang anak kecil yang ditangannya ada seekor burung, burung tersebut dibuat mainan oleh anak kecil, lantas Umar RA merasa kasihan terhadap burung tersebut dan dibelilah burung tersebut dari anak kecil itu lalu dilepaskan oleh beliau. ketika Umar RA telah wafat, banyak orang yang melihat beliau dalam mimpi dan mereka menanyakan tentang keadaan beliau, mereka bertanya “apa yang Allah lakukan kepadamu?” beliau menjawab “Allah telah mengampuniku dan memaafkanku, mereka kembali bertanya Dengan amal apa? dengan kedermawananmu atau keadilanmu atau kezuhudannmu? beliau menjawab Ketika kalian meletakkanku di dalam kubur, memendamku dengan tanah dan meninggalkanku sendirian, datanglah kepadaku dua malaikat yang gagah hingga membuat akalku tak bisa berfikir dan persendianku gemetar karena kegagahannya, kedua malaikat itu membawaku, mendudukkanku dan hendak menanyaiku, saat itu aku mendengar suatu panggilan (seruan) berkata tinggalkan hamba-Ku dan jangan kalian menakutinya karena Aku menyayanginya dan memaafkannya karena dia telah menyayangi seekor burung di dunia maka Aku menyayanginya di akhirat”.

Berangkat dari sebuah hadist yang seringkali dilafalkan oleh kaum intlektual kekinian, dan diriwayatkan langsung oleh sahabat nabi Abdullah bin Umar RA, bunyi hadisnya demikian:

عن عبد الله بن عمر رضي الله تعالى عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء.

 

Dari Abdulloh bin Umar RA berkata, Rasululloh SAW bersabda: “Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi Allah Sang Maha Pengasih, Kasihilah siapapun yang ada di bumi maka yang di langit akan mengasihimu”.

Kiranya tampak jelas, kisah hadis ini sebagai bukti bahwa cerita yang sumbernya dari sebuah mimpi para ulama yang bertemu dengan sahabat Umar RA ini sangat logis jika hal itu benar adanya. Karena bagaimana pun, hadis ini menjelaskan tentang siapa pun ia, jika berbuat baik di dunia maka penduduk langit akan berbuat baik kepada orang tersebut. Hal ini dirasakan oleh sahabat Umar RA, beliau dimasukkan surga bukan hanya karena hal-ikhwal yang sifatnya baik dan berat, melainkan sebab hal-ikhwal yang sifatnya ringan dilihat, namun dihadapan Allah sangat banyak pahalanya. Jelas sudah sementara kata-kata berkata, “jangan kau remehkan hal baik skalipun kecil perbuatanya, karena tidak ada orang hebat itu bermula dari hal yang besar. Begitu juga jangan kau biarkan hal buruk yang sifatnya kecil perbuatannya, karena tida ada orang jatuh kesandung disebabkan batu yang besar”.

 


No comments:

Post a Comment

Dalam Cinta, Air Mataku Tak Akan Pernah Berhenti

في الحب دموعي لا تنتهي بالدمع كتبتُ هذه القصيدةَ بالقلق أصابني كل حين في الحياة فكرتُ ما أخطائي إليكِ لمرَة حتى أشعر أن أحبك بشدة المرة...