Monday 14 January 2019

Fakto-faktor Penghambat Skripsi

Detik-Detik Menggarap Skripsi


Tidak terasa kuliah tingkat sarjana sudah mulai habis kontraknya, tinggal 6 bulan tepatnya. Namun sampai detik ini masih saja diri saya bermalas-malasan dalam menggarapnya. Entah dengan alasan apa? Tapi yang pasti adalah kemalasan ini muncul karena beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Diantaranya adalah seringnya maen game mobile legend, melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dalam pendidikan saya, dan seringnya menghabiskan waktu demi seorang wanita yang saya cinta padahal waktu yang dihabiskan tidak memberikan efek atau dampak positif kepada diri saya sendiri.
Saya akan berusah memaparkan dampak negatif dari ketiga faktor di atas terhadap mendeknya menggarap skripsi, demikian keteranganya;
1.      Jika kita sering kali berkecimpung dalam ranah digitalisasi yang memang tidak akan bisa lepas dengan keadaan jamannya yang mendukung dan mewajibkan apa-apa harus dengan digital, maka kita akan merasakan dampak positif dan negatifnya era digital ini. salah satunya keseringan menghabiskan waktu kita dengan hal yang tak bermanfaat seperti, bermain game. Memang, awalnya dikatakan sebagai hiburan belaka, menghilangkan rasa buntek dan apalah itu. Namun, lambat laun hal itu menjadi keseringan dilakukan. Dalil yang awalnya dikatakan sebagai “hiburan” kini menjadi kebiasaan yang sangat fatal akibatnya jika dilakukan terus-menerus. Salah satu dampak bagi saya pribadi yang masih dalam tahap peneyusunan skripsi adalah membuat skripsi terhenti atau fakum dengan seketika dan melampiaskan kefakuman itu dengan maen game. Hal inilah yang seharusnya dihindari oleh para mahasiswa dimanapun kalian berada.
2.      Rasa “malas” inilah faktor kedua yang bisa membuat skripsi kita mandek dan tidak bisa lagi digarap. Karena adanya rasa malas ini semua para mahasiswa terjerumus kelembah hitam dan kelingkaran hitam yang sering dikenal dengan istilah “mager”. Melakukan ini dan itu akan senantiasa mager dan mager. Sangat bahaya, kalau rasa ini senantiasa bersemayam di dalam diri kita. Namun, hal yang tidak mungkin ketika rasa ini ingin dibuang, setidaknya kalau rasa ini datang, jangan terlalu lama.  Satu dua kali itu manusiawi, namun jika sampai beermuluk-muluk beda lagi!
3.      Pacaran, nah ini lagi salah satu faktor yang dapat menghambat kelancaran skripsi. Karena sering mementingkan kemauan dan kebutuhan sang kekasih, bukan hanya itu yang akan terjadi, bahkan bisa meluangkan waktu untuk skripsi jauh lebih kecil ketimbang harus meluangkan waktu untuk sang pujaan hati. Maka inilah yang sangat berdampak besar akan kemulusan waktu yang seharusnya efektif dalam menggarap skripsi eh ternyata dihabiskan dengan senang-senang bersama sang kekasih semata. Hal ini bukan sedikit yang dialami oleh para mahasiswa, bahkan tidak bisa dihitung dengan jari-jemari manusia.

Demikianlah faktor-faktor penyebab terhambatnya mengerjakan skripsi, jika kalian para pembaca berkenan, silahkan share dan amalkan, dan ingat, skripsi merupakan ujian terkahir di masa-masa kalian ada dibangku kuliah. Jika hal itu gagal dikarenakan selain faktor di atas tolong coment dibawah ini agar penulis bisa merevisi tulisan ini kembali. Salam semoga bermanfaat. Amin.

2 comments:

Dalam Cinta, Air Mataku Tak Akan Pernah Berhenti

في الحب دموعي لا تنتهي بالدمع كتبتُ هذه القصيدةَ بالقلق أصابني كل حين في الحياة فكرتُ ما أخطائي إليكِ لمرَة حتى أشعر أن أحبك بشدة المرة...