Friday 28 October 2016

Kupas-Tuntas Makna Kopi Dan Rokok

Antara Rokok Dengan Kopi


          Dengan tenggelamnya akal pikiran yang jernih. Rokok dan kopi hanya sebagai tanda bahwa orang yang merokok dan meminum kopi itu termasuk dari laki-laki yang gentle. Padahal, jika kita ulas kembali akan peran kedua kata di atas bagi manusia bukan untuk petanda kelaki-lakian. Kendati, wanita zaman sekarangpun banyak yang ahli hisap dan meminum kopi. Meskipun jarang dikalangan mereka (wanita/perempuan) meminum kopi hitam. Karena selera. Selera yang membuat manusia itu berbeda.
            Penulis sangat risih ketika dua kata di atas dijadikan sebagai simbol ke-gentle-an laki-laki. Karena, menurut penulis sendiri kata rokok dan kopi bukan mempunyai makna ataupun memiliki simbol demikian. Mari penulis ingin mengajak pembaca untuk menganalisa dua kata di atas dari sudut pandang bahasa Arab.
            Rokok dalam bahasa arab dilafadkan dengan kata الدخان. Yang teradopsi dari kata دخن – يدخن  yang memiliki arti شيئ كالبخار الكثيف يتصاعد من الأجسام المخترقة. Yang artinya adalah “sesuatu seumpama asap yang tebal dihisap dan menjalar keseluruh tubuh”. Dari pengertian rokok di kamus ma’ani android bisa kita simpulkan, bahwa yang dimaksud rokok di sini adalah suatu gumpalan asap yang dihisap dan menjalar keseluruh tubuh. Sepertinya, kata-kata ini empirik dengan lapangan yang kita lihat. Karena, penulis sendiri juga merasakan hal yang demikian. Di sisi lain penulis perokok ulung dan di sisi lain pula penulis merasakan hal yang dikemukakan dalam kamus ma’ani.
            Kopi dalam bahasa arab dilafadkan dengan kata “القهوة”. Kata kopi terdiri dari empat huruf, di antaranya adalah Qaf, Ha, Wa, Ta marbutoh. Dari masing-masing huruf ini penulis mencoba mengartikan menurut pandangan penulis sendiri.
1.      Qaf dalam kata القهوة memiliki arti قوي di mana kopi memiliki unsur kekuatan bagi pecintanya. Semisal, seseorang yang sedang dilanda kantuk. Tak jarang rasa kantuk itu hilang setelah meminum kopi (kopi hitam). Karena di dalam kopi memiliki kandungan “kafein”, kandungan ini membuat si peminum terganggu dalam tidurnya. Sehingga sangatlah jelas kekuatan dalam kopi di sini, diartikan sebagai kekuatan untuk tidak tidur.
2.      Ha dalam kata القهوة memiliki arti هوية di mana kopi memiliki unsur keidentitasan bagi pecintanya. Semisal, seseorang yang memang sedang mumet dan dirundung dengan sejuta kegalauan dalam kehidupanya. Dia bisa mengembalikan siapa dirinya ketika sudah rilex atau enjoy. Dua sifat ini tidak akan diraih kecuali dengan menyeruput kopi hitam. Setelah dia meminumnya, tak jarang dari mereka itu sadar dan berhenti dari lamunan-lamunan kegalauan yang menghantui mereka. Nah dari sinilah penulis mengartikan kopi sebagai pembantu untuk mengambalikan identitas seseorang.
3.       Wa dalam kata القهوة memiliki arti وقاية di mana kopi memiliki unsur penjagaan/perlindungan. Semisal, seseorang yang memang terdapat gangguan gigi berlubang. Maka, disarankan untuk sering-sering meminum kopi hitam. Karena, di dalam kopi hitam ini memiliki “Zat Trigonelline” zat yang membuat gigi peminum tak gampang berlubang. Sangat tampak bahwa kopi memiliki unsur “perlindungan”.
4.      Ta marbutoh dalam kata القهوةmemiliki arti همة di mana kopi memiliki unsur tekad yang besar/semangat dan ambisi yang kuat. Para pencinta kopi akan merasakan semangat dalam menjalankan kehidupanya setelah meminumnya. Karena di dalam kopi tersebut, memiliki zat “Kafein” yang memiliki daya tarik untuk melakukan hal-hal yang positif. Hal ini sudah diteliti oleh Edward Giovannucci dari Harvard.  

Kesimpulan dari dua pembahasan di atas adalah “Rokok dan Kopi bukan hanya untuk gaya-gayaan dalam menunjukkan ke-gentle-an laki-laki. Karena, masih banyak cara untuk melakukan hal itu atau membuktikan ke-gentle-an tersebut. Kopi dan Rokok di sini sebenarnya sebagai inspirasi, pendorong, dan pendobrak akan kesadaran manusia sebagai manusia. Karena, orang yang meminum kopi memiliki daya tarik untuk melakukan hal-hal yang baik. Sesuai dan serasi dengan apa yang telah dikemukakan penulis mengenai hasil kutipan dari penelitian Edward Giovannucci dari Harvard. Berhenti bergaya, tunjukkan kopi hitammu dengan arti yang sudah penulis sajikan. Jangan ngaku pecinta kopi jika masih belum menjalankan 4 poin di atas.

No comments:

Post a Comment

Dalam Cinta, Air Mataku Tak Akan Pernah Berhenti

في الحب دموعي لا تنتهي بالدمع كتبتُ هذه القصيدةَ بالقلق أصابني كل حين في الحياة فكرتُ ما أخطائي إليكِ لمرَة حتى أشعر أن أحبك بشدة المرة...