Thursday 27 October 2016

Arti Kata Silaturrahmi

Mengupas Kata Silaturrahmi
          Judul yang penulis angkat sekarang sebagai bantahan atas teman-teman yang hanya bisa imitasi buta atau fanatik sesat akan menggunakan istilah-istilah arab dan tidak mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.
            Kata silaturahmi memiliki dua kata yang dijadikan satu, dalam ilmu linguistik lebih tepatnya ilmu sintaksis kata ini disebut dengan frase nominal yang distribusinya sama dengan nominal seperti, mudarisuna.  Adanya dua kalimat nominal dijadikan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam istilah arabnya adalah susunan idofah.
            Kata silaturrahmi terangkai dari dua kata, yang pertama adalah silah. Dan yang kedua adalah rahmi. Jika kita merujuk kembali kepada leksikografinya maka dua kata ini memiliki makna sebagai berikut :
1.      صلة  kata ini dalam kamus Munawwir hlm, 1563. berupa kata masdar yang berakar dari kata  وصل – يصل – وصلا -  صلة  yang memiliki arti “العطية . المنحة.  الوصول أي الكثير الإعطاء”. Yang memiliki arti “memberikan, mempersembahkan, dan wushul (orang yang banyak memberi).
2.      الرحم  kata ini kata ini dalam kamus Ma’ani android berupa kata masdar yang berakar dari kata رحم – يرحم – رحما  yang memiliki arti “موضع تكوين الجنين ووعاؤه في البطن. القرابة أو أسبابها”. Yang memiliki arti “Tempat tumbuhnya janin dalam rahim seorang ibu, dan saudara-saudara atau kerabat”.
Sehingga bisa disimpulkan kata silaturahmi memiliki makna “memberikan janin dalam rahim seorang ibu atau orang-orang yang banyak memberi (sesama saudara atau sesama kerabat). Arti lurusnya demikian.
Sekarang bagaiman peroses kata silaturrahmi bisa menjadi makna yang banyak teman-teman saya artikan sebagai kata yang mempunyai arti “Hubungan kerabat atau menjalin hubungan sesama keluarga”? mari kita kaji bersama pendapat yang dikemukakan oleh Ibnu Atsir.  
Beliau berstetmen :
ومعنى صلة الرحم هو وصلها ضد القطع والهجران . يقول ابن الأثير : صلة الرحم كناية عن الإحسان إلى الأقربين من ذوي النسب والأصهار,  والتعطف عليهم والرفق بهم والرعاية لأحوالهم.
Makna silaturrahmi adalah menyambungkan rahim, lawan dari mengugurkan atau meninggalkan. Menurut Ibnu Atsir kata silaturrahmi adalah alam kinyah untuk berbuat baik kepada kerabat dekat yang memiliki nasab atau pernikahan, menyayangi mereka, bersikap lemab-lembut, dan selalu memperhatikan keadaan mereka.

                Jika kita tarik benang merahnya dari stetmen yang dikeluarkan oleh Ibnu Atsir, kata silaturrahmi hanya berlaku kepada kerabat saja (yang memiliki hubungan nasab). Lantas bagaimana teradisi yang sudah dijadikan barometer dikalangan msyrakat kampus khususnya, dan dunia islam umumnya. Yang sudah terbumi lantahkan kata-kata ini sebagai kata yang memiliki arti universal. 

No comments:

Post a Comment

Dalam Cinta, Air Mataku Tak Akan Pernah Berhenti

في الحب دموعي لا تنتهي بالدمع كتبتُ هذه القصيدةَ بالقلق أصابني كل حين في الحياة فكرتُ ما أخطائي إليكِ لمرَة حتى أشعر أن أحبك بشدة المرة...